Resep Ayam Suwir Khas Bali Pedas Manis Sederhana Tanpa Santan - Lupa Resep

Resep Ayam Suwir Khas Bali Pedas Manis Sederhana Tanpa Santan

Resep Ayam Suwir Khas Bali Pedas Manis Sederhana Tanpa Santan
Resep Ayam Suwir Bali - Pagi ini saya melihat ada stok ayam dikulkas yang sebelumnya sudah saya rebus, awalnya saya berniat mau masak ayam santan kuning kelihatannya akan sangat nikmat, namun karena keluarga di rumah tidak terlalu suka dengan santan akhirnya saya teringat resep ayam suwir bali yang tetangga saya bilang kemarin.

Saya coba-coba browsing akhirnya saya menemukan resep ayam suwir bali tanpa santan yang saya rasa sangat cocok untuk saya olah hari ini. Saya banyak menu makanan yang di olah dari ayam, saya juga menemukan resep ayam suwir khas sunda. Ternyata ayam suwir tidak hanya menjadi khas bali saja khas sunda juga ada.

Setelah saya baca-baca ternyata untuk dapat membuat ayam suwir pedas manis khas bali ini sangatlah sederhana, tidak sesusah yang saya bayangkan. Bumbu-bumbu yang di pakai pun sangat sederhana, anda juga bisa menambahkan beberapa bumbu lainnya sebagai penyedap rasa sesuai dengan selerah lidah anda.

Bahan-Bahan Ayam Suwir Sederhana Khas Bali :

  • 250 gram daging ayam rebus (sudah di suwir-suwir)
  • 1 Sendok minyak makan (untuk menumis)
  • 100 mili liter Kaldu ayam bekas rebusan ayam (bisa juga menggunakan santan, dengan ukuran yang sama)
  • 2 Batang serai (ambil bagian putihnya saja, pipihkan)
  • 2 Ruas Lengkuas (pipihkan)
  • 4 Lembar daun salam
  • 3 Lembar daun jeruk nipis

Bumbu Halus Ayam Suwir Kering :

  • 5 Butir bawang merah
  • 3 Butir bawang putih
  • 6 Buah cabai rawit keriting
  • 1 Sendok teh terasi
  • ½ Merica butiran
  • ½ Kaldu bubuk
  • 11/2 Sendok teh garam
  • 1 Ruas jari kunyit (bakar sebentar)
  • 1 Ruas kencur
  • 1 Sendok makan gula merah sisir
  • 2 Sendok makan air asam jawa

Cara Membuat Ayam Suwir Pedas Bumbu Bali :

  1. Langkah pertama. Panaskan minyak yang sudah anda sediakan di wajan, masukkan secara bergantian bumbu halus, serai, lengkuas, daun salam dan daun jeruk. Tumis bumbu halus tersebut hingga mengeluarkan aroma yang sedap dan berubah warna, kemudian masukkan 50 mili liter air dan aduk hingga rata.
  2. Langkah kedua. Tunggu hingga sedikit mendidih, jika sudah mendidih silahkan masukkan ayam yang sudah anda suwir-suwir sebelemnya dan aduk hingga rata. selanjutnya silahkan anda tambahkan kaldu ayam ataupun santan dan masak hingga kaldu ayam dan air menjadi mengering.
  3. Langkah ketiga. Jika sudah masakan sudah mulai mengering cobalah untuk anda cicipi, jika ada rasa yang kurang silahkan anda tambahi sesuai dengan selera anda, bila sudah anda rasa cocok silahkan angkat dan tiriskan.
  4. Langkah keempat. Sebelum anda hidangkan sebaiknya anda memisahkan bumbu serai, lengkuas, daun salam dan daun jeruk dari masakan, agar tampilannya menjadi lebih menarik.
  5. Langkah kelima, Sajikan selagi hangat.
  6. Selesai.

Penutup

Nah begitulah cara masak resep ayam suwir khas bali pedas manis sederhana tanpa santa. Bagaimana? Mudahkan untuk menerapkan resep ayam suwir sederhana ini? Dan selamat sekarang anda sudah bisa membuat masakan ini dirumah.

1 Response to "Resep Ayam Suwir Khas Bali Pedas Manis Sederhana Tanpa Santan"

  1. Jadi lupa mau pesan minum kalau sudah makan masakan ini. Hahahaha... Terima kasih atas ilmunya

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel